Jumat, 24 Desember 2021

1.2.a.6 Refleksi Terbimbing Nilai dan Peran Guru Penggerak

Niai dari diri saya yang saya percayai sebagai nilai seorang guru ialah bisa membuat siswa nya percaya akan kemampuan nya sendiri, bangga melihat perkembangan siswa karena pendidikanadalah proses pertumbuhan karakter dan pengalaman baik untuk menemukan makna hidup yang sesungguhnya.

2.    Yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak ialah saya merasa bahwa selama ini, saya belum menghidupi semua nilai tersebut dalam diri saya. Saya merasa berhutang pada diri saya untuk terus akan memunculkan dan memantapkan nilai-nilai tersebut juga dalam diri saya.

3.     Nilai dari Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang ialah kolaboratif, inovatif, dan mandiri. Namun saya juga sudah mulai memiliki nilai reflektif juga berpihak pada murid. Saya berjanji pada diri saya sendiri untuk lebih lagi memerankan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan saya, terutama dalam tugas saya sebagak guru.

4.     Diantara  nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai yang perlu saya kuatkan adalah nilai berpihak pada murid.

5.     Yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak adalah saya merasa sangat perlu bagi saya untuk selalu melakukan peran tersebut. Menguatkan dan menhgidupi peran itu dalam kegiatan saya. Saya merasa, saya kadang kurang maksimal menjalankan peran itu. Maka, saya bertekad untuk terus menjalan peran tersebut sebaik-baiknya dengan ikhlas.

6.     Yang bisa saya lakukan khusus untuk diri saya untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak ialah tetap menjalankan peran tersebut setiap hari. Tidak pantang menyerah dan selalu berdoa meminta kekuatan kepada Tuhan untuk diberi kekuatan dalam menjalankan nilai dan peran tersebut.

7.     Yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya, mungkin suatu saat saya merasa jenuh tetapi itu bukan alasan untuk mengeluh bahkan untuk berhenti. Jadi, tidak aka nada yang menghambat saya. Saya hanya perlu nanti melakukan refleksi dan membuat aksi perbaikan untuk itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar