Kamis, 23 Desember 2021

1.1.a.3 Mulai dari Diri-Refleksi Diri tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Refleksi Diri tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara 

Jumat, 15 Oktober 2021

1. Tulisan Reflektif Kritis 
Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran yang dapat saya kemukakan ialah bahwa pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam bermasyarakat maupun hidup berbudaya. Pendidikan adalah usaha kebudayaan yang bermaksud memberikan bimbingan da;am tumbuhnya jiwa dan raga peserta didik. Salah satu konsep yang dikenalkan oleh KHD yang kemudian dikembangkan menjadi prinsip kepemimpinan ialah Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Pada dasarnya prinsip ini mengutamakan cinta dan kasih sayang.  Kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilakukan dalam cerminan KHD dapat terwujud ialah dengan menerapkan Merdeka Belajar yang berorientasi pada peserta didik.

Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus ialah pendidikan Indonesia saat ini juga mengarah ke Merdeka Belajar dan pembelajaran yang selalu diupayakan untuk berpusat kepada peserta didik bukan berpusat kepada guru. Di sekolah saya juga diupayakan selalu untuk melakukan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dan menerapkan Merdeka Belajar.

Saya sebagai guru juga merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru. Saya terbuka dengan hal-hal baru. Saya pelajari hal-hal baru yang mendukung proses pembelajaran sehingga pembelajaran itu menjadi bermakna kepada siswa.



2. Harapan dan Ekspektasi

Harapan yang ingin saya lihat pada diri saya  sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini ialah saya bisa mengarahkan siswa-siswa saya untuk terus dapat melakukan merdeka belajar. Pelajari hal-hal yang dapat memberikan persiapan untuk hidup dalam masyarakat secara utuh. Siswa-siswa saya menjadi pribadi yang dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa harus melupakan kebudayaan nya sendiri, serta memiliki karakter profil Pelajar Pancasila.

Harapan yang ingin saya lihat 
pada siswa-siswa saya setelah mempelajari modul ini ialah mereka memiliki karakter yang baik, terus mau belajar dengan merdeka, menggali dan mengembangkan diri mereka, dan selalu memaknai dengan baik setiap pembelajaran yang berguna bagi hidup mereka.

Kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini ialah kegiatan yang dapat memberi keterampilan dalam mengajarkan hal yang baik kepada peserta didik sehingga mereka menjadi pribadi yang merdeka belajar. Materi dalam modul ini sudah sesuai dengan harapan saya. Saya bisa mengetahui pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) dan mempraktekannya selalu dalam aktivitas saya sebagai guru. Manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini yaitu saya diingatkan kembali tentang pemikiran KHD tentang pendidikan dan dan pengajaran sehingga saya bisa menerapkannya dalam aktivitas saya sebagai guru yang dapat mengusahakan selalu menjadikan peserta didik memiliki semua profil Pelajar Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar