Kamis, 23 Desember 2021

1.1.a.6 Refleksi Terbimbing


Refleksi Filosofis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
  1. Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD): KHD mengingatkan bahwa dalam menuntun kodrat anak harus disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. KHD menegaskan juga untuk mendidik anak dengan cara yang sesuai dengan alam dan zamannya sendiri. Pendidikan menurut KHD sebagai pembentuk karakter anak. Pendidikan selalu berpusat pada anak. Pendidikan juga bukan lah paksaan. Justru Pendidikan menurut KHD memberikan kebebasan kepada anak untuk belajar. Dalam “Merdeka Belajar”, setiap guru adalah murid dan setiap murid adalah guru. 
  2. Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini ialah saya adalah seseorang yang siap menerima perubahan dan selalu mau mngikuti tuntutan zaman yang membuat saya selalu belajar sepanjang hayat. Saya juga cukup mehahami karakteristik peserta didik saya yang akan saya tuntun untuk merdeka belajar dan mweujurkan profil pelajar Pancasila.
  3. Hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini ialah: saya akan terus meningkatkan diri saya supaya dapat menjadi teladan yang baik, saya tingkatkan lagi kedekatan saya dengan peserta didik saya, saya tingkatkan lagi penggunaan model-model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan saya tingkatkan kerja sama saya dengan rekan guru untuk terus bergerak menuju Pendidikan yang lebih baik, khususnya di sekolah tempat saya bertugas.
  4. Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara ialah sesuai dengan semboyang yang dikemukakan oleh KHD, di depan saya akan menkadi teladan, di depan saya memberi semangat, dan di belakang saya memberikan dorongan. Saya akan terus mewujudkan peserta didik yang memiliki profil Pelajar Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar