Jumat, 24 Desember 2021

1.3.a.4 Eksplorasi Konsep Visi Guru Penggerak

1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Berbagi Visi Murid Impian

Imajiku tentang Muridku di Masa Depan

Murid yang saya dambakan ialah murid yang memiliki profil Pelajar Pacasila dalam dirinya. Lingkungan pembelajaran yang saya cita-citakan ialah lingkungan belajar yang asri, sehat, dan penuh dengan kehangatan. Murid saling menyanyangi dan murid menghormati gurunya. Murid merindukan gurunya. 

Merangkai mimpi lewat kata-kata

Saya memimpikan murid-murid yang memiliki profil pelajar Pancasila. Sekolah saya percaya bahwa murid adalah subjek belajar. Mereka bebas berekspresi dan menampilkan versi terbaik dari diri mereka. Sekolah saya mengutamakan keberpihakan kepada murid. Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka bisa mencapai cita-cita mereka. Guru di sekolah saya yakin untuk melaksanakan proses pembelajaran dan pendidikan yang berpihak pada murid. Guru di sekolah saya paham bahwa murid adalah pribadi yang unik. Tugas guru adalah menuntun mereka menjadi manusia seutuhnya dengan mendidiknya sesuai dengan kodratnya.

Mengartikulasikan visi kita tentang murid dan sekolah yang kita impikan dalam satu kalimat

Terwujudnya murid yang memiliki profil Pelajar Pancasila dengan menerapkan Merdeka Belajar.


1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Menurut saya, yang menjadi informasi utama dalam bacaan dan video yang disajikan ialah  BAGJA, sebagai model manajemen perubahan yang menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif (IA). IA dikenal sebagai pendekatan kolabratif dalam melakukan perubahan yang berbasis kekuatan. IA ini menggunakan prinsip-prinsip psikologi positif dan pendidikan positif. Selaian sebagai paradigma berbasis kekuatan, IA juga merupakaan model manajemen perubahan kolabiratif yang membawa perbaikan dalam suaatu sistem. IA dimulai dari pertanyaan yang ditentukan bersama dan dijalaankan dalam suasana yang positif dan apresiatif.

Ada lima tahapan yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, dengan akronim "BAGJA", yaitu:

Buat Pertanyaan penyelidikan terkait perubahan yang kita inginkan. Buat pertanyaan utam.

Ambil Pelajaran, bagian ini menuntun bagaimana mengambil pelajaran

Gali Mimpi Bersama, komunitas sekolah menggali mimpi sebagai keadaan idela yang diinginkan.

Jabarkan Rencana, identifikasi tindakan yang diperlukan dan ambil keputusan.

Atur Eksekusi. Mentransformasi rencana menjadi nyata. Diperlukan peran dan kesepakatan.


Informasi apa yang paling dapat membantu saya dalam peran sebagai guru penggerak ialah saya bisa mengikuti tahapan BAGJA dalam menetapkan visi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar